• 24 Juli 2009

    PERAKITAN PC

    24 Juli 2009

    Posting kali ini saya akan coba untuk ungkap bagai mana cara merakit PC,,,, tapi sebelum itu alangkah lebih baik jika kita mengenal dulu tentang PC (Personal Computer) terutama hardware komputer.

    Hardware komputer merupakan perangkat keras komputer yang pada dasarnya terdiri dari 4 media : 1. Media Input Media Input adalah parangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data ke computer agar data dapat dimengerti computer. contoh: Key Board, Mouse, Scaner, Monitor (tootscreen), Joystic, dll. 2. Media Proses / Central Procesing Unit (CPU) Media Proses adalah perangkat yang berbentuk chip yang berfungsi sebagai pengolah data. Pada CPU terdiri dari 2 bagian : Arimatic Logic Unit (ALU) ALU berfungsi untuk melakukan operasi – operasi aritmatika dan logika sesuai dengan perintah program. Control Unit (CU) CU berfungsi mengatur peralatan input dan output. 3. Media Penyimpanan Media Penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data yang telah kita olah maupun yang langsung kita input ke computer. Media ini terdiri dari : - Media penyimpanan volatile Media ini hanya bisa menyimpan data pada saat ada aliran listrik. Setelah aliran lisrik tidak ada maka data akan hilang. contoh: RAM (Radom Akses Memori) - Media penyimpanan nonvolatile Media penyimpanan nonvolatile adalah media penyimpanan yang bisa menyimpan data walaupun tanpa arus listrik. contoh: ROM (Read Only Memori), Harddisk, flopidisk. 4. Media Output Media Output berfungsi untuk memberikan output/keluaran dari proses yang di jalankan computer. contoh: Monitor, Speaker, Printer, dll. setelah kita mengetahui tentang hardware komputer, maka kita lanjut ke persiapan perakitan PC yakni menyiapkan alat dan bahan diantaranya adalah sebagai berikut : Alat:
    1. Tang
    2. Obeng +/-
    3. Kuas
    Bahan: hardware Komputer seperti :
    • Cashing + Power Supply
    • Motherboard
    • Prosessor
    • RAM
    • VGA Card
    • Hard disk
    • CD ROM
    • Floppy disk
    • Monitor
    • Keyboard
    • Mouse
    nah,,, setelah itu semua terkumpul, baru kita bisa mulai perakitan. Langkah perakitan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
    1. Pasang Prosesor pada MB kemudian setting kecepatan clock sesuai dengan motherboard yang digunakan. Kemudian kita lakukan setting Jumper pada Motherboard sesuai dengan spesifikasi komponen dan konfigurasi motherboard yang akan digunakan dengan mengacu pada manual book motherboard dan komponen lainnya.
    2. Pasang Memory Card pada slotnya dan Pasang VGA Card pada slot ekspansi. Jangan sampai terbalik!
    3. Pasang Konektor Power Supply ke Motherboard sesuai dengan aturan pemasangannya
    4. Siapkan Monitor dan pasang konektor powernya ke PS dan konektor data ke VGA card.
    5. Nyalakan komputer,jika tampilan blank, Lihat troubleshooting 1. jika tampilan BIOS startup muncul lanjutkan tahap selanjutnya :
    6. Pasang Hardisk, Floppy Disk, dan CD-ROM. Lihat Aturan pemasangan instalasi hard disk
    7. Pasang Card ekspansi lainya seperti SoundCard, LAN Card, Modem dll. Lihat aturan pemasangan Multimedia card
    8. Pasang Konektor Tombol dan Lampu pada casing ke motherboard. Lihat pada manual book motherboard
    9. Nyalakan komputer, jika tampilan blank atau error, Lihat troubleshooting 2 . jika tampilan BIOS startup muncul lanjutkan tahap selanjutnya :
    10. Tekan Del pada keyboard untuk masuk ke BIOS. Lakukan setting BIOS
    11. Siapkan Startup Disk atau Bootable CD
    12. Install Operating Sistem
    13. Install driver-driver untuk hardware.
    selesai dech,,,,,

    5 komentar:

    mang lotom mengatakan...

    buat lah pertanyaan dari materi diatas!

    cici goreng mengatakan...

    hery kasep

    cici jeung pi2t mengatakan...

    pa komputer punya virus H1N1 teu????

    Aneuk Nanggroe mengatakan...

    kalo ada gambarnya lebih mantap ni.!!

    riska mengatakan...

    jelaskan cara merakit pc yang baik

    Posting Komentar

     
    LOTOM CLUB'S. Design by Hery_kasep_tea